Rabu, 28 November 2012

Tips,hp terkena air,masuk kloset, keceblung laut..

assalamu'alaikum wr.wb



langsung saja gan....

TIPS PENANGANAN HP MASUK AIR TAWAR, AIR KLOSET, DAN AIR LAUT...

1. LEPAS SUMBER TENAGA (BATRE)
Ketika hp terkena air, langkah pertama adalah mencabut batrenya, hal ini dilakukan agar tidak terjadi konsleting yang lebih parah. hp yg kemasukan air di mesinnya, pasti terjadi konsleting karena air telah menghubungkan komponen2 yang seharusnya tidak saling berhubungan.
PANTANGAN:
jangan menunda untuk mematikan hp dan melepas batre(jika dipastikan air sampe mengenai mesin), biasanya hp tidak langsung mati ketika terkena air.. dan terkesan masih baik2 saja,tapi kematian hp secara permanen sedang dalam hitungan mundur. sifat air murni memang bukan penghantar listik, namun..http://archive.kaskus.us/thread/1321194

2. KELUARKAN SIM CARD
Keluarkan simcard, agar data2 di kartu aman. segera keringkan dan simpan. sebisa mungkin jangan simpan di dompet jika dompet sering dikantongin di saku belakang, dihawatirkan sim card rusak karena tekanan ketika kita duduk.

3. KERINGKAN MESIN
Kalau agan bisa membongkar handphone, maka lakukan (biasanya dengan obeng/toolkit khusus). Dan keringkan bagian dalamnya dengan menggunakan hair dryer atau tissue. Ingat hal ini agan lakukan kalau agan mampu dan agan rasakan perlu, karena terkadang ada beberapa tipe handphone yang memiliki casing kuat dan rapat sehingga air tidak sampai masuk. 

Untuk hp yg cuma kecipratan air saja(bisa dipastikan air tidak sampe masuk) cukup bongkar kasing aja dan lap bagian 2 luar saja.

Untuk hp yg kena air tawar sampe dalem mesin, wajib mengeringkan bagian mesin dalam, alangkah baiknya kalo mesin dicuci dulu dengan cairan khusus, atau bisa menggunakan tiner.(penting!!!!!!! kamera, buzzer, mic, spiker, lcd harap dilepas dulu ya)
jangan membersihkan dengan alkohol ya,...... karena alkohol biasanya masih memiliki kandungan air...
setelah direndam dan di cuci dengan tiner (alat bantu cuci hp bisa menggunakan sikat gigi yg bagus biar ga rontok ketika kena tiner), keringkan make blower(suhu rendah,angin gede) atau kalo ga ada blower bisa make hair dryer... mpe bener2 kering.

Untuk hp yg nyemplung di lubang kloset.. wajib make tiner buat cuci mesin,kemudian keringkan.
dan kalo agan mau servisin ke teknisi hp, JANGAN PERNAH BILANG KALO HP BEKAS MASUK LUBANG KLOSET KETIKA AGAN LAGI BUANG HAJAT
MUNGKIN SI TEKNISI BAKALAN LANGSUNG BILANG NGGA SANGGUP BUAT PERBAIKINNYA... HAHAHHAHAA

Untuk hp yang kena air laut, pastikan dalam kurang dari 1x24 jam mesin sudah dicuci dengan tiner,lalu keringkan, tapi tips 1 dan 2 sudah dijalankan ya.....
air garam, adalah penghantar listrik yg sudah agak baik... (kacau bahasanya) dan sifatnya ngerusak bgt,walaupun komponen2 dalem hp tidak sedang dialiri listrik.

4. MENCOBA MENGHIDUPKAN
Setelah agan2 melakukan tips 1,2 dan 3.... tibalah waktunya menghidupkan hp(kalo agan memperbaiki sendiri).... 

hp hidup, dan normal... jangan lupa kirimin cendolnya ya.....

hp masih mati... coba cek2 apakah semua komponen sudah dipasang dengan benar, dan apakah batre masih ada cukup tenaga buat hidupin hp?

hp beneran wafat... coba agan dateng ke teknisi, (catat no imei agan, kalo bisa no seri di ic2 juga dicatat) hal ini digunakan agar mesin agan tidak ditukar2 oleh teknisi nakal.
no imei mesin bisa dicek make *#06#
no imei tulang, cek aja di belakang punggung hp

sekian dari ane... semoga bermanfaat ya gan....


wassalamualaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar